Supplier Semen Original di Jabodetabek

Definisi Bata Hebel

distributor bata ringan
distributor bata ringan

Apa itu bata ringan?

bata hebel ialah pengganti bata merah yang lebih efisien dan hemat, Dua tipe bata hebel yang sering dimanfaatkan pada dinding bangunanyakni Autoclaved Aerated Concrete (AAC) dan Cellular Lightweight Concrete (CLC). Kedua jenis bata ringan merupakan bahan penyusun dinding yang telah banyak dipakai ada di masyarakat. bata ringan AAC dan CLC adalah salah satu teknologi bagi menciptakan suatu gedungdengan bobotstrukturyang lebih gampang, hebel ini terbuat dari bahan dasar semen dan pasir, yang adalah cara komposisi nya. Sedangkan  banyak masyarakat sering menyebutnya bahwa bata hebel merupakan dengan sebutan “hebel”. mari kita bahas.

Awal Mula Sejarah Hebel

Apa itu Bata ringan ?

bata ringan adalah hebel?
bata ringan adalah hebel?

Bata Hebel ialah nama merk dagang pertama kali ada di Indonesia, sama halnya seperti Aqua yang menjadi merek air minum dalam kemasan bagi pertama kalinya. Awalnya bata hebel pertama di Indonesia diproduksi pada tahun 1995 di Jawa Barat oleh PT Hebel Indonesia, Saat itu penjualan bata ringan hanya meliputi Jawa Barat dan Jawa Tengah karena kendala ekspedisi. Pada tahun itu juga masyarakat menyebut bata ringan atau bata putih hal yang demikian sebagai hebel. Sejak itulah bata ringan lebih populer dengan sebutan hebel ada di jawa barat dan jawa tengah, sampai saat ini juga semua masyarakat menyebutnya bahwa bata ringan adalah hebel. 

Berikut ini ialah gambar hebel :

distributor bata ringan
distributor bata ringan

{Bermacam|Beraneka|Beragam macam Ukuran Hebel :

ukuran hebel
ukuran hebel

Ukuran bata hebel atau ukuran hebel yang dijual dipasaran terdiri dari ukuran hebel sebagai berikut :

panjang 60 cm, lebar 20 cm, tebal 7,5 cm

panjang 60 cm, lebar 20 cm, tebal 10 cm

panjang 60 cm, lebar 20 cm, tebal 12,5 cm

panjang 60 cm, lebar 20 cm, tebal 15 cm

panjang 60 cm, lebar 20 cm, tebal 20 cm. 

Contoh Menghitung Ukuran Hebel Untuk Kebutuhan Anda

Namun secara umum tebal bata ringan atau hebel yang kadang kala dipakai ialah ukuran 7,5 cm dan 10 cm. Kalau bata merah dijual biasanya dengan harga satuan, bata hebel atau hebel dijual dengan satuan kubik. Selanjutnya, kita akan membahas tentang bagaimana cara menghitung penggunaan hebel dan menghitung kebutuhan hebel, berikut penjelasannya :

  1. Pertama : Untuk ukuran 7,5cm x 20cm x 60cm 1m3 = 1 : (0,075 x 0,2 x 0,6) = 1/0.009 = 111,11 pcs. Jadi, bata ringan atau hebel dengan ukuran standar panjang 60 cm ; lebar 20 cm dan tebal 7,5 cm untuk setiap kubiknya membutuhkan 111 buah hebel. Sehingga apabila harga per m3 seumpama Rp. 650.000,00, maka harga perbijinya = 650.000 : 111 = Rp 5.855,85.

Selanjutnya kita harus menghitung kebutuhan hebel, butuh berapa buah hebel untuk luas dinding per m2, jawabannya merupakan:

1m2 = 1 : (0,2 x 0,6) = 8.333 buah. Jadi, dibutuhkan 8,333 buah hebel atau seandainya dibulatkan 8 buah dengan ukuran ketebalan 7.5 cm. Sehingga bagi luas tembok per meter persegi dibutuhkan biaya: = 8.333 x Rp 5.855,85 = Rp. 48.796,79, Selain itu kita bisa dapat menghitung kebutuhan hebel dengan luas dinding yang dihasilkan dari 111,11 buah hebel dengan ukuran ketebalan 7,5 cm, caranya berikut ini:

Diketahui luas satu buah bata ringan yakni 0,6 m x 0,2 = 0,12 m2. Maka untuk menghitung 1 m3 bata ringan dengan tebal 7,5 cm menjadi berapa meter persegi luasan dinding, cukup dengan mengalikan dengan jumlah isi bata hebel dalam setiap kubiknya, yaitu 111,11 buah. Jadi 0,12 x 111,11 = 13,3332 m2 luasan tembok.

  1. Kedua : Untuk ukuran 10cm x 20cm x 60cm 1m3 = 1 : (0,1 x 0,2 x 0,6) = 1/0.012 = 83,33 pcs. Jadi, hebel atau hebel dengan ukuran standar panjang 60 cm; lebar 20 cm dan tebal 10 cm untuk setiap kubiknya berisi 83 buah. Sehingga apabila harga per m3 contoh Rp. 615.000, maka harga perbijinya = 650.000 : 83,33 = Rp. 7.800,31

Selanjutnya kita harus menghitung kebutuhan hebel, Butuh berapa buah hebel bagi luas tembok per m2, jawabannya yaitu: 1m2 = 1 : (0,2 x 0,6) = 8.333 buah. Jadi, dibutuhkan 8,333 buah hebel atau jika dibulatkan 8 buah hebel dengan ukuran ketebalan 10 cm. Oleh karena itu untuk luas dinding per meter persegi dibutuhkan biaya: = 8.333 x 7.800,31 = Rp. 65.000,00 kita akan menghitung luas dinding yang dihasilkan dari 83,33 buah hebel dengan ukuran ketebalan 10 cm, caranya berikut ini:

Diketahui luas satu buah hebel merupakan 0,6 m x 0,2 = 0,12 m2. Maka bagi menghitung 1 m3 bata hebel dengan tebal 10 cm menjadi berapa meter persegi luasan tembok, tentu saja cukup dengan mengalikan dengan jumlah isi bata hebel dalam setiap kubiknya, yaitu 83,33 buah. Jadi 0,12 x 83,33 =9,9996 m2 luasan dinding atau dibulatkan menjadi 10 m2.

Dari contoh data ada di atas cara menghitung hebel atau bata ringan dapat disimpulkan bahwa :

– Setiap 1 kubik hebel dengan tebal 10 cm dibutuhkan bata ringan sebanyak 83 buah

– Setiap 1 kubik hebel dengan tebal 7,5 cm dibutuhkan bata hebel sebanyak 111

– Kebutuhan bata hebel atau hebel setiap 1 meter persegi dinding = 1 m2 adalah 8,3 buah.

Seandainya diatas kita telah mengerti tentang hebel atau bata ringan, Berikut merupakan perbedaan bata hebel aac dan clc sebagai berikut

Perbedaan Bata Ringan AAC dan CLC

perbedaan bata ringan aac dan clc
perbedaan bata ringan aac dan clc

 

  1. hebel AAC?

bata ringan Autoclaved Aerated Concrete (AAC) merupakan beton selular dimana pada proses pembuatannya terjadi gelembung udara yang ada disebabkan oleh reaksi kimia, yaitu ketika bubuk aluminium atau aluminium pasta yang mengembang seperti pada prosess pembuatan roti saat penambahan ragi bagi mengembangkan adonannya, lalu dalam proses pengeringan hebel AAC mengalami pengeringan dalam mesin oven autoklaf sebagai proses pengeringan sekaligus pematangan. Selain itu, dalam sejarah hebel aac ini pertama kali dikembangkan di swedia pada tahun 1923 yang kemudian dikembangkan lagi oleh Joseph Hebel di Jerman pada tahun 1943.

  1. hebel CLC?

Bata bata hebel Cellular Lightweight Concrete (CLC) yaitu beton selular yang mengalami proses curing secara alami, CLC merupakan beton konvensional yang mana agregat kasar (kerikil) digantikan oleh udara, dalam prosesnya menggunakan busa organik yang sangat stabil dan ngga ada reaksi kimia ketika proses pencampuran adonan, foam/busa berfungsi sebagai media untuk membungkus udara, lalu dalam proses pengeringan hebel CLC proses pengeringan yg dilakukan secara alami atau disebut juga sebagai Non – Autoclaved Aerated Concrete (NAAC) gak memakai mesin dalam pematangannya.

Dari penjelasan terhadap kedua tipe bata ringan hal yang demikian dapat kita simpulkan yaitu Perbedaan antara hebel AAC dengan bata hebel CLC hanya pada segi proses pengeringannya saja, hebel AAC proses pengeringannya menggunakan mesin autoclaved bertekanan tinggi, sedangkan bata ringan jenis CLC pengeringannya masih dikerjakan secara alami biasanya dengan cara dijemur memanfaatkan terik panas matahari

Namun, selalukali konsumen mengalami kesulitan dalam memastikan pilihan bagi memilih hebel mana yang lebih baik dalam kegunaannya, Apabila kita membandingkan antara kedua macam bata ringan AAC dan bata hebel CLC tersebut, tentunya bata hebel Autoclaved Aerated Concrete (AAC) memiliki banyak keunggulan dan keuntungan yang ga dimiliki oleh hebel Cellular Lightweight Concrete (CLC),

bata ringan AAC pastinya mempunyai ketersediaan stock dalam jumlah gede yang lebih terjamin karena tidak tergantung pada cuaca dalam proses pengeringannya, Selain itu dalam proses pembuatan campuran adonannya, hebel AAC mempunyai daya tahan yang lebih kuat tekanan, kedap suara dan sudut siku yang lebih presisi bagi memudahkan pembuatan suatu bangunan,

kalau dibandingkan dengan bata hebel CLC. Selain itu, Setiap Harga Hebel 1 DO atau harga bata ringan aac dan bata hebel clc kagak membedakan jauh antara keduanya hanya saja masyarakat lebih kadang kala menggunakan bata ringan aac karena lebih mendapatkan banyak manfaat.

Adapun beberapa Merk Hebel Terbaik :

Rekomendasi merk bata ringan
Rekomendasi merk bata ringan
  1. hebel ( Hebel ) : Betacon
  2. bata ringan ( Hebel ) : Inti Global
  3. bata ringan ( Hebel ) : BSH
  4. hebel ( Hebel ) : Acon
  5. hebel ( Hebel ) : IBM
  6. hebel ( Hebel ) : Broco
  7. bata hebel ( Hebel ) : Multicon

Rekomendasi merk hebel diatas dapat anda gunakan dalam memilih merk hebel terbaik atau hebel berkualitas, hebel mempunyai manfaat dan keuntungan yang lebih efisien seperti lebih presisi , lebih kuat, tahan terhadap api, kedap suara, ringan, lebih cepat dan tetap sopan lingkungan. Lebih lengkapnya lagi mari kita bahas tentangan manfaat hebel dan kekurangan hebel atau hebel.

kelebihan hebel : 

kelebihan bata ringan
kelebihan bata ringan

Selain menjadi fungsi pilihan bagi bata merah, hebel juga mempunyai keunggulan yang kagak dimiliki oleh bata merah, hebel merupakan suatu temuan yang khusus diciptakan bagi mempercepat waktu serta efisiensi dalam mengerjakan pemgedungatau membuat sebuah dinding pembangunan.

Selain itu, fungsi dari bata ringan ini sangatlah dibutuhkan seiring dengan kemajuan zaman yang menuntut segala hal harus dikerjakan dengan cepat namun juga menyuguhkan kepuasan dan manfaat yang akan didapat. dan Berikut keunggulan penggunaan hebel :

  1. Menghemat Biaya, Lebih Irit

Karena hebel tak perlu menggunakan pasir, hanya perlu membutuhkan semen mortar bagi perekat bata hebel hal yang demikian. akan lebih irit dan hemat bagi menyusun atau membuat suatu pembangunan. 

  1. Lebih Aman atau Safety

Karena hebel punya bobot yang lebih ringan jika terjadi gempa tidaklah akan sekeras dengan bata merah, jadi dapat dipastikan bata ringan lebih aman

dibandingkan dengan bata merah bila terjadi kerusakan rubuh atau gempa dan lain sebagainya karena dari bobotnya yang lebih gampang 

  1. Daya tahan yang kuat

Walaupun mempunyai bobot yang lebih ringan namun bata hebel juga terbuat dari bahan dasar beton dan campuran bahan lainnya menjadikan bata ringan lebih kuat namun tetap baik lingkungan

  1. Mudah menggunakannya

bata ringan sungguh-sungguh mudah dipakai jadi tak perlu banyak orang dalam pengerjaannya, oleh karena itu selain mudah dalam menggunakannya juga memotong biaya dalam pengeluaran terhadap jasa tukang.

  1. Pemasangan menjadi lebih cepat

Karena bata ringan lebih presisi baik ukuran maupun bentuknya, maka pemasangannya juga lebih mudah dengan hanya menggunakan mortar pastinya pengerjaannya lebih cepat.

  1. Sulit untuk terbakar

hebel aac termasuk campuran beton yang tahan terhadap suhu tinggi, sehingga menjadi tahan api, pembangunanyang dihasilkan menjadi lebih sulit bagi terbakar apabila terjadi bencana kebakaran. Otomatis, area yang terbakar akan terbatas dan kagak meluas ke seluruh omah atau bangunan.

  1. Kedap suara dan tahan air

bata ringan memiliki rongga-rongga udara di dalam material bata hebel membuat jenis beton pracetak ini lebih kedap suara. Bata yang dibuat di pabrik ini juga diklaim lebih kedap air, sehingga omah akan lebih tahan terhadap cuaca hujan yang lembab.

kelemahan Hebel atau bata hebel :

  1. Harganya lebih mahal

Dengan segala kualitas dan keunggulannya, bata hebel dibanderol lebih mahal dari bata konvensional. 

2, Membutuhkan tukang yang berpengalaman

Pemasangan bata ringan membedakan dari pasangan bata biasa. Jadi perlu tukang yang berpengalaman pernah mengerjakannya agar lebih mudah dan cepat. Sebaiknya cek terlebih dahulu apakah kontraktor yang digunakan telah berpengalaman dengan pemasangan bata ringan ini. 

  1. Hanya dijual ada di warung / Distributor Hebel.

bata hebel hanya dapat ditemukan ada di toko bahan konstruksiatau grosir hanya di toko-toko, kontraktor bangunanatau distributor hebel yang besar.

      4.Membutuhkan perekat khusus untuk hebel tau hebel.

Membutuhkan perekat kudus yang dibutuhkan bagi memasang bata ringan, yaitu mortar atau semen instan khusus. 

       5.Proses pengeringan membutuhkan waktu lebih lama.

Bila bata hebel ini menjadi terlalu basah karena hujan, proses pengeringan blok tuas bawaan membutuhkan waktu lebih lama. 

Selanjutnya, dalam dunia konstruksi dan bata ringan (hebel), Mortar bukanlah hal yang terdengar baru terutama bagi pelaku terkait dalam industri pempembangunanatau proyek, namun apa pengertian dari Mortar itu sendiri? Berkut akan dibahas tuntas.

Pengertian Semen Mortar Atau Plester Mortar

Apa yang dimaksud dengan Mortar?

Mortar yaitu istilah yang dimanfaatkan untuk campuran semen, pasir dan juga air, tetapi kebanyakan orang menilai mortar yakni semen, sedangkan semen sendiri campuran dari pasir silika, batu kapur, pasir besi dan tanah liat. Singkatnya semen dan mortar ialah dua hal yang membedakan, karena semen adalah salah satu bahan yang digunakan sebagai pembuatan adukan, namun mortal sudah tercampur dari bahan pengikat, yang didukung air dan bahan pengisi. oleh karena itu dibuatlah Mortar sebagai cara untuk mempersingkat dan mempermudah pengerjaan konstruksi, hal ini juga salah satu upaya dalam industri konstruksi atau bahan bangun dalam beradaptasi terhadap perkembangan zaman dan teknolog yangi semakin maju dan menuntun segala hal harus cepat namun tetap efisien.

Jenis – Macam Mortar :

Mortar dibagi menjadi 4 jenis yaitu :

1. Perekat bata ringan (Hebel) / Thin Bed Mortar

semen mortar thin bed
semen mortar thin bed

Mortar ini diterapkan bagi merekatkan bata ringan (hebel) atau biasanya disebut juga dengan lem hebel. Penggunaanya lebih efisien dibandingkan dengan semen konvensional, karena kalau kita menggunakan bata hebel Thin Bed Mortar ini cukup mengoleskan tipis saja untuk merekatkannya.

          2. Mortar Plester tembok / Grand Mortar

semen grand mortar
semen grand mortar

Plester tembok atau Grand mortar ini dapat diaplikasikan bagi memplester tembok, mortar ragam ini dapat dipakai untuk bata ringan, batako, ataupun bata merah.

3.Mortar Acian Instan / Super Bon SB 178 Acian

semen mortar super bond
semen mortar super bond

Mortar acian atau Super Bon SB 178 Acian ini dikhususkan bagi dapat menghaluskan permukaan tembok. dengan memakai mortar acian instan dapat menghemat waktu serta biaya karena tidak membutuhkan plamir bagi menghaluskan permukaan dinding , jadi tembok dapat dicat secara seketika.selain itu mortar acian ini membuat tembok semakin padat.

4.Mortar Pemasangan Keramik / Super Bond SB 128

semen mortar super bond 128
semen mortar super bond 128

Mortar Pemasangan Keramik / Super Bond SB 128 digunakan khusus untuk memasang dan merekatkan keramik dengan kuat. 

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dalam penggunaan mortar sebagai pengerjaan konstruksi bangunan, selain itu terhadap waktu pengerjaan juga lebih singkat sehingga biaya yang dikeluarkan juga menjadi lebih hemat dan irit, karena Mortar amat efektif penggunaanya sehingga tidak perlu mencampurkan bahan manual lagi.

Dari pengertian hebel dan semen mortar, macam fungsi dan keunggulannya tentunya anda harus menemukan distributor yang tepat untuk membantu melayani kebutuhan anda agar sesuai keinginan,

distributor bata ringan
distributor bata ringan

PT. Elite Sukses Bersama yaitu distributor dan supplier bahan bangunansejak tahun 2016 dengan beraneka macam produk utamanya yaitu bata hebel (hebel) dan semen mortar, Perusahaan ini telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai perusahaan distributor yang menyuplai material bahan gedungterpercaya dan termurah serta berkualitas, Hingga saat ini PT. Elite Sukses Bersama telah beroperasi melaksanakan pengiriman secara luas pada area Jabodetabek dengan kecepatan pengiriman dan pelayanan sebagai prioritas perusahaan. Kami menerima konsultasi secara gratis, anda dapat menghubungi Atau dapat secara lantas datang ke alamat kami :

0815-6677-770 (Call/WhatsApp)

021-7719607 (Office Hour)

Email : info@elitehebel.com

Website : https://elitehebel.com

Maps : https://goo.gl/maps/36jL18qRpyTbe5Dr9

(Jalan Proklamasi Raya No.121 , Sukma Jaya, Abadi Jaya Depok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ABOUT US

Elite Hebel adalah perusahaan distributor hebel dalam naungan PT Elite Sukses Bersama, kami memiliki akses jaringan distribusi yang meliputi Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa khususnya Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Berbekal pengalaman cukup lama dalam Industri ini, kami pastikan untuk selalu memberikan pelayanan yang prima, efektif namun tetap efisien.

PENCARIAN POPULER

[spp_random_terms count=15]

Copyright 2021 PT Asa Mitra Sinergi – All Right Reserved

×

Hello!

klik kontak di bawah untuk chat admin support, atau anda bisa email kami ke info@asamitra.co.id

× Ada yang bisa kami bantu?